Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TER BATAS KELAS IV SDN LIMBUNG PUTERI KABUPATEN GOWA

An Namirah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Muhammad Asdam (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Masni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

An Namirah. 2022. Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV SDN limbung puteri Kabupaten Gowa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. dibimbing oleh Muhammad Asdam dan Masni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV. Penelitian ini di laksanakan di SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian experimen one-group pretest-posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa terdiri dari 11 perempuan dan 16 laki-laki. Dari hasil nilai rata-rata (mean) pretest adalah 67.92 dan berada pada kategori masih rendah, sedangkan rata-rata (mean) postest 91,85 berada pada kategori sangat tinggi nilai rata-rata pada postest lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Hasil penelitian untuk uji-t diperoleh thitung > ttabel diperoleh (10,50 >1,796) maka H0 ditolak H1 diterima diterima. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pembelajaran tatap muka terbatas kelas IV SDN Limbung Puteri Kabupaten Gowa. Kata Kunci : project based learning, hasil belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...