Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV DI SD INPRES LANRAKI 2 MAKASSAR

Jesica Mesie Sostenes (Unknown)
Asdar (Universitas Bosowa)
Vivit Angreani (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Jesica Mesie Sostenes, 2022. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV di SD Inpres Lanraki 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Lanraki 2 Makassar dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,8 dari kondisi awal 63,2 meningkat menjadi 67. Pada siklus II meningkat sebesar 14,8 dari kondisi awal 63,2 meningkat menjadi 78.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...