Jesica Mesie Sostenes, 2022. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV di SD Inpres Lanraki 2 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Lanraki 2 Makassar dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Inpres Lanraki 2 Makassar dari segi proses maupun hasil. Proses pembelajaran keterampilan berbicara dilakukan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sehingga menunjukan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dilihat dari hasilnya, peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,8 dari kondisi awal 63,2 meningkat menjadi 67. Pada siklus II meningkat sebesar 14,8 dari kondisi awal 63,2 meningkat menjadi 78.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023