Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MEDIA POP UP DI SD 1 LANCIRANG SIDRAP

Tri Putri Amirullah (PGSD Universitas Bosowa)
Muhammad Yunus (Unknown)
Burhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan semangat belajar anak-anak dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD 1 Lancirang dengan memanfaatkan media pembelajaran berbentuk Pop-Up.Jenis penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat unsur utama, yakni persiapan, pelaksanaan, pengamatan, serta evaluasi. Sampel peneIitian ialah murid-murid kelas IV SD 1 Lancirang yang berjumlah 15 individu, terdiri dari 9 murid laki-laki dan 6 murid perempuan.Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu tindakan kelas adalah pengamatan, evaluasi, serta pengumpulan dokumen. Berdasarkan penelitian pra siklus, hasilnya menunjukkan bahwa hanya 60% dari seluruh siswa yang mampu memenuhi persyaratan kemajuan belajar. Dari 15 siswa, ada 6 siswa masih belum mencapai standar yang ditetapkan. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan sebesar 13% pada jumlah siswa yang mencapai tingkat prestasi tinggi, sehingga mencapai 73%. Meskipun begitu, terdapat 4 siswa dari total 15 siswa yang belum mencapai standar yang ditetapkan. Kemudian dalam periode kedua, semua murid yang hadir berhasil memenuhi standar kelulusan dengan mencapai skor tinggi dalam kuesioner. Berdasarkan informasi yang diberikan, dapat dihitung bahwa seluruh siswa yang hadir berhasil memenuhi standar kelulusan dengan 100% siswa mencapai skor kuesioner dalam kategori yang tinggi. Kriteria untuk menentukan keberhasilan penelitian ini yaitu jika lebih dari atau sama dengan 75% siswa kelas I SD Negeri 1 Lancirang mendapatkan skor kuesioner dengan klasifikasi yang tinggi. Kata kunci: Motivasi Belajar, Media Pop Up

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...