Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangankan e-booklet. Penelitian dilakukan dari Januari 2021 hingga Desember 2022 dengan menggunakan paradigma penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Cluster random sampling digunakan untuk memilih 24 sampel dari siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan nilai validasi produk yang dikembangkan dinyatakan valid dengan validasi media sebesar 97,32 % (sangat layak/valid), dan validasi ahli materi diperoleh nilai 84,37% (sangat layak/valid). Hasil Uji efektifitas diperoleh nilai N-gain sebesar 0,35 (35%) dengan kriteria sedang. Respon siswa dan guru terhadap pengembangan bahan ajar e-booklet sistem hormon manusia memperoleh nilai rerata skor sebesar 4,27, rata-rata persentase sebesar 85,58% dari siswa dengan kriteria sangat praktis, dan nilai rerata skor dan persentase dari guru sebesar 3,8 dan 76% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil validasi dan uji efektifitas yang telah dilakukan maka bahan ajar e- booklet yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Copyrights © 2023