Khazanah : Journal of Islamic Studies
Volume 2 Nomor 3 Agustus (2023)

Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Moderasi Beragama Perspektif Nahdlatul Ulama Untuk Mencegah Radikalisme di Madrasah Aliyah

Tri Adi Muslimin (Insitut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pendidikan agama Islam dalam moderasi beragama perspektif Nahdlatul Ulama untuk mencegah radikalisme di MA Hikmatul Amanah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Tahapan analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu; pertama, implementasi pendidikan agama Islam dalam moderasi beragama di MA Hikmatul Amanah sudah berjalan dengan baik melalui pengajaran dan bimbingan guru dalam setiap kesempatan kepada siswa siswi MA Hikmatul Amanah. Implementasinya berupa toleransi, bersikap adil dan jalan tengah, cinta kedamaian dan kerukunan, saling tolong menolong serta cinta tanah air. Kedua, implementasi moderasi beragama di MA Hikmatul Amanah untuk mencegah radikalisme berupa toleransi, bersikap adil dan jalan tengah, cinta kedamaian dan kerukunan, saling tolong menolong serta cinta tanah air. Melalui sikap-sikap yang diajarkan dan dibimbing diatas menjadikan kesadaran kepada siswa siswi MA Hikmatul Amanah akan pentingnya moderasi dalam beragama sehingga dapat mencegah radikalisme.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jelr

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Fokus penerbitan artikel riset pada jurnal Khazanah : Journal of Islamic Studies : 1. Ilmu-Ilmu Keislaman 2. Pendidikan Islam 3. Pemikiran Islam 4. Hukum Islam 5. Islam politik 6. Ekonomi Islam 7. Ilmu dakwah 8. Komunikasi ...