Jurnal Cyber PR
Vol 3, No 1 (2023)

Implementasi Kegiatan CSR Metro TV Dalam Mempertahankan Reputasi

Alifia Radita Putri (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Harti Yuwarti (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Nunuk Prihatiningsih (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Kesuksesan perusahaan tidak hanya dinilai dari keuntungan yang didapatkan, perannya dalam pembangunan lingkungan dan menyejahterakan masyarakat juga dinilai penting, salah satunya melalui kegiatan CSR. Kegiatan CSR akan menimbulkan kesan positif terhadap perusahaan yang akan berdampak pada reputasi baik perusahaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kegiatan CSR Metro TV dalam mempertahankan reputasi perusahaannya, lalu apa faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi dalam implementasi kegiatan CSR di Metro TV. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi CSR di Metro TV dalam mempertahankan reputasi perusahaannya dan juga untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam implementasi kegiatan CSR di Metro TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Didukung oleh konsep 9 Steps of Public Relations dan Triple Bottom Line dalam pembedahan kegiatan CSR yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan CSR Metro TV bersifat proaktif, penyusunan kegiatan CSR meliputi kegiatan riset, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, Metro TV lebih sering meliputi fokus masalah people atau masyarakat melalui pilar pendidikan dan juga kesehatan. Dan juga untuk hambatan dinilai sebagai tantangan terbagi menjadi faktor internal dan eksternal, begitu pula dengan pendukung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...