Pengenalan nilai-niali pancasila sejak masih duduk di bangku sekolah dasar sangatlah penting, karena dapat membantu menanamkan moral, sehingga dalam bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi pengenalan nilai Pancasila berbasis augmented reality pada anak-anak sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan pada 20 siswa UPT SD Negeri 56 Parepare yang terdiri dari 6 laki-laki dan 14 perempuan. Dengan menggunakan metode penelitian experimen yakni perancangan sistem dan pembuatan alat sebagai media Research and Development. Hasil dari penelitian penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pengenalan nilai Pancasila Menggunakan augmented reality efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai Pancasila. Kesimpulan dari data yang diberikan, di mana 18 dari 20 siswa maupun siswi merasa puas dengan pengalaman atau produk yang sedang diuji, menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, yaitu 90%. Aplikasi ini diharapkan menjadi alternatif untuk memfasilitasi pembelajaran nilai Pancasila di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023