DedikasiMU: Journal of Community Service
Vol 5 No 3 (2023): DedikasiMU September

PENGEMBANGAN KURIKULUM KELOMPOK BELAJAR ABA 48 ALAM BUKIT RAYA KEBOMAS GRESIK

Slamet Asari (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Yudhi Arifani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Pengembangan Kurikulum merupakan aktifitas akademik yang sangat elementer dalam menentukan arah dan gambaran Pendidikan dalam tingkat satuan Pendidikan. Kelompok Belajar ABA 48 ABR merupakan institusi berbasis Pendidikan anak usia dini yang masih memerlukan pengembangan kurikulum yang menyesuaikan dengan kondisi serta tantangan yang diperlukan sekarang. Pada tingkat Kelompok Bermain (KB) Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang sekarang disebut dengan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler pada pengembangan kurikulumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum KB agar dihasilkan dokumen kurikulum yang sesuai untuk perencanaan pembelajaran. Perancangan pembelajaran ini digunakan oleh KB dalam rangka mencapai Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Analisa kebutuhan serta input kebijakan pemerintah merupakan indikator dan referensi yang dijadikan acuan dalam pengembangan kurikulum di KB ABA 48 ABR ini yang didukung dengan data yang diperoleh atau dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil Analisa kebutuhan dikembangkanlah produk dokumen kurikulum KB ABA 48 sesuai dengan kondisi yang diperlukan dalam konteks sekarang yaitu dokumen yang berisi struktur dan muatan kurikulum, beban belajar dan kalender Pengajaran, Silabus Mata Pelajaran, dan RPP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dedikasimu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Electrical & Electronics Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Jurnal DedikasiMU merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang mewadai hasil pengabdian dosen, praktisi atau mahasiswa kepada masyarakat yang menerapkan model ataupun konsep dalam bidang pendidikan, teknik, kesehatan, psikologi, sosiologi, hukum, pertanian, ekonomi dan keagamaan yang bertujuan ...