Wujud dari kepuasan pasien yang menjadi perhatian yakni mutu pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap pasien. Untuk memberikan sebuah layanan yang baik, maka semua elemen pendukung di puskesmas harus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan jika puskesmas tidak ingin ditinggalkan oleh masyarakat karena pada hakekatanya kepuasaan terkait dengan peningkatan pelayanan, makin sempurna pelayanan yang diberikan kepada pasien maka makin tinggi pula tingkat kepuasaan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif- kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey. Lokasi Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Tinombo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap pada Bulan Januari sampai dengan Juli Tahun 2022 di Puskesmas Tinombo. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 42 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. hasil penelitian menunjukan bahwa kehandalan (reliability), bukti fisik (tangible), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empaty) mempunyai pengaruh sangat kuat terhadap kualitas kepuasan pasien di Puskesmas Tinombo.
Copyrights © 2023