Penyuluhan berbasis eduwisata merupakan salah satu bentuk layanan yang disediakan oleh Taman Agroinovasi (Tagrinov) di BBP2TP Bogor. Layanan eduwisata diminati oleh berbagai kelompok sekolah mulai TK sampai SMA dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta penyuluhan. Kegiatan penyuluhan pertanian ini telah berlangsung lama, namun belum pernah dilakukan penilaian kepuasan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas penyelenggaraan penyuluhan di Tagrinov sekaligus mengkaji strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana hasil data akan dianalisis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan metode Importance Performance Analysis (IPA). Jumlah sampel dalam penelitian adalah 35 responden dengan kriteria yaitu guru sekolah yang pernah berkunjung dan mendapat penyuluhan dalam 6 bulan terakhir, terhitung sejak bulan April 2022 sampai September 2022. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke tujuh sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung secara keseluruhan merasa sangat puas terhadap kualitas penyelenggaraan penyuluhan di Tagrinov dengan hasil perhitungan CSI yang diperoleh sebesar 89,70 persen, namun berdasarkan analisis IPA diperlukan peningkatan kinerja pada beberapa atribut. Strategi peningkatan disusun dalam penelitian ini dan berdasarkan pada hasil penilaian atribut yang memiliki kinerja kurang baik menurut pengunjung sehingga pengunjung belum mendapatkan kepuasan.
Copyrights © 2023