Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis strategi pemasaran yang sesuai untuk meningkatkan jumlah nasabah pada PT BPR Central Sejahtera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis SWOT. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 5 orang dari 32 orang populasi dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Pada hasil matriks IFE menunjukkan bahwa total skor kekuatan dan kelemahan adalah 3,2. Sedangkan, hasil matriks EFE menunjukkan total skor peluang dan ancaman adalah 2,97. Pada hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa posisi PT BPR Central Sejahtera berada pada kuadaran IV yang berada pada di posisi tumbuh dan bina. Berdasarkan hasil matriks SWOT, diketahui bahwa posisi PT BPR Central Sejahtera berada pada posisi kuadaran I. Pada kuadaran ini, PT BPR Central Sejahtera disarankan menetapkan strategi SO yaitu strategi yang memaksimalkan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang yang ada
Copyrights © 2023