Media Komunikasi FPIPS
Vol. 22 No. 2 (2023)

Pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS untuk mengembangan Sikap Peduli Lingkungan

Selamat, I Ketut (Unknown)
Atmadja, Anantawikrama Tungga (Unknown)
Pageh, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual berbasis Problem-Based Learning, menganalisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa sebelum dan sesudah pengaplikasian Pembelajaran Kontekstual beserta ada atau tidaknya perbedaan sikap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen ini dirancang untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis Problem Based Learning Model untuk mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap peduli lingkungan siswa sebelum mengikuti pembelajaran kontekstual berbasis Problem-Based Learning Model diklasifikasikan dalam kategori cukup tinggi, sikap peduli lingkungan siswa sesudah mengikuti pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi, respon siswa terhadap pengaplikasian pembelajaran kontekstual diklasifikasikan dalam kategori tinggi dan terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...