Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Van Hiele

Ayulia Khaerunnisa (Universitas SIngaperbangsa Karawang)
Alpha Galih Adirakasiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Memahami proses berpikir dalam matematika merupakan hal yang penting agar pembelajaran matematika di sekolah dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa sehingga kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar dapat segera diatasi secara bertahap. Teori Van Hiele membantu untuk memahami level berpikir geometri yang dicapai siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling. Subjek yang diteliti yaitu 37 siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023 di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tangerang. Penentuan subjek menggunakan Purposive Sampling dengan syarat subjek merupakan siswa SMA yang telah mempelajari materi Dimensi Tiga. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 16% siswa berada pada level 0 (visualisasi), 43% siswa pada level 1 (analisis), 30% siswa pada level 2 (deduksi informal), 11% siswa pada level 3 (deduksi formal), dan tidak satupun siswa yang berhasil mencapai level 4 (rigor). Semakin tinggi level kemampuan berpikir geometri siswa maka semakin baik siswa menyelesaikan soal cerita matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...