Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji linearitas untuk kemudian data diolah dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada taraf kepercayaan 95%, cukup bukti untuk menyatakan terdapat hubungan linier yang signifikan antara kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan besar pengaruh kemampuan berpikir reflektif matematis terhadap variabilitas dalam kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 94,4%, sedangkan 5,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2023