PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 2 No. 2 (2020): AUGUST

Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Taubat Dan Taat Mata Pelajaran Akidah Akhlak Menggunakan Metode Mind Mapping Fase D Kelas VII MTs Nurul Ikhsan Yafadlillah

Asrorudin, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa  pada materi taubat dan taat mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Mind Mapping. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D MTs Nurul Ikhsan Yafadlillah, yang terdiri dari 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Mind Mapping  berhasil meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi taubat dan taat. Sebelum diterapkannya metode Mind Mapping  prestasi belajar siswa secara klasikal hanya 9 siswa (41%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 71,81. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 14 siswa (64%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,63 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 89,70. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena mind mapping merupakan metode pembelajaran yang hanya mencatat hal-hal yang penting saja sehingga memudahkan anak didik mengingat dan mempelajari suatu hal dengan melihat hubungan yang terbentuk dari kata kunci, warna, dan gambar yang ada.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...