PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Beriman Kepada Nabi Dan Rasul Allah Di Kelas IV MIS Darussalam 2

Hatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas IV MIS Darussalam 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Darussalam 2 yang berjumlah 15 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt  Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah tes tulis yaitu menggunakan butir-butir soal tes. Hasil Penelitian pada siklus I menunjukan siswa yang tuntas sebesar 60 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 40 %.  Pada Siklus 2 siswa yang tuntas 93,33% dan yang tidak tuntas 6,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem Based Learning ( PBL)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MIS Darussalam 2 Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...