PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Macam-Macam Sujud Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang

Sabir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang ? Apakah hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud meningkat melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang? Untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar peserta didik kelas VIII.1 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di UPTD SMP Negeri 6 Enrekang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang dengan jumlah peserta didik 20 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII aktivitas guru dan peserta didik melalui observasi guru dan peserta didik mencapai kategori Tinggi. Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw peserta didik setelah dua kali dilaksanakan tes siklus. Dapat dilihat bahwa adanya hasil yang menampakkan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dua kali dilaksanakan tes siklus. Pada siklus I tingkat ketuntasan mencapai 68% berada pada kategori cukup, dan pada siklus II mencapai 92% berada pada kategori Sangat Tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...