PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 2 (2021): AUGUST

PENERAPAN METODE TASMI’ DAN MURAJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATERI QS. AL-IMRAN : 190-191 DAN QS AR-RAHMAN : 33 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI FASE F DI SMA NEGERI 3 JENEPONTO KABUPATEN JENEPONTO

Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Hafalan Peserta Didik pada materi Al- Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode Tasmi’ dan Murajaah. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E SMA Negeri 3 Jeneponto Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Tasmi’ dan Murajaah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur’an Surah Al-Imran : 190-191 dan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman: 33. Sebelum diterapkannya metode Tasmi’ dan Murajaah hasil belajar siswa secara klasikal hanya 3 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 64.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 7 siswa (29,17%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85.00 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (100%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata- rata 93.33. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...