PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 2 (2021): AUGUST

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ADAB SHALAT DAN DZIKIR MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PPADA SISWA FASE D KELAS VII MTs PUI KEPUH KECAMATAN LEMAHSUGIH KABUPATEN MAJALENGKA

Nurlaeliyah, Liah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Adab Shalat dan Dzikir  melalui metode Problem Based Learning. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D Akidah Akhlak siswa kelas VII Tahun Pelajaran 2020/2021, yang terdiri dari 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Adab Shalat dan Dzikir. Sebelum diterapkannya metode Problem Based Learning hasil belajar siswa sangat rendah. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 19 siswa (72,07 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 74,03 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 siswa (93,3%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 81,73. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...