PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Vol. 3 No. 2 (2021): AUGUST

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE MIND MAPPING PADA MATERI SIFAT WAJIB, SIFAT MUSTAHIL DAN SIFAT JAIZ MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK FASE E (KELAS X C) DI MA MA’ARIF NU BLITAR

Abidin, Nanang (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Wajib, Sifat Mustahil dan Sifat Jaiz mata pelajaran Akidah Akhlak melalui metode Mind Mapping. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase E MA Ma’arif NU Blitar Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh metode Mind Mapping berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sifat Wajib, Sifat Mustahil dan Sifat Jaiz. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat 21 peserta didik yang tuntas 67.74% dan terdapat 10 peserta didik yang tidak tuntas 32,26%. Sedangkan rata-rata nilai peserta didik secara klasikal yaitu 77.42%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X C rendah dan tidak memenuhi ketuntasan secara klasikal. Pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 24 peserta didik yang tuntas 77, 42% dan terdapat 7 peserta didik yang tidak tuntas 22,58%. Sedangkan rata-rata nilai secara klasikal yaitu 80,32%. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pekerti

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, ...