FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 4 No 2 (2023): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP PB Sudirman Bekasi Tahun Pelajaran 2022-2023

Mursito, Mursito (Unknown)
Dermawan, Dermawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Penelitian yang di lakukan kali ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VIII Smp PB Soedirman Bekasi, Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel 50 siswa di SMP PB Soedirman Kota Bekasi. Berdasarkan perhitungan dengan IBM SPSS Statistics 22, Data yang digunakan adalah Analisis regresi linier sederhana. Berikut hasil penelitian perhitungan uji hipotesis di peroleh thitung sebesar  -2.230 dan nilai ttabel  sebesar -0.279 atau nilai sig 0.030 Hal ini berarti thitung > ttabel yakni -2.230 > -0.279 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar matematika di SMP PB Soedirman Bekasi. Kemudian berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar sebesar 0, 094. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi gaya belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) yang berarti 9,4 % variasi pada variabel dependen prestasi belajar dapat di jelaskan oleh variasi variabel independen gaya belajar siswa. Sedangkan sisanya 90,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...