Pada pelatihan ini menyampaikan bahwa media diperlukan dalam proses pembelajaran, karena kegiatan pembelajaran merupakan proses menyampaikan informasi diantara sumber (guru) dan penerima (peserta didik). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemanfaatan media visual sebagai upaya mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi yang terdapat di ruang perpustakaan yang berhubungan dengan pemanfaatan media dan tujuan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi artikel, buku, dan dokumen pendukung lain yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media visual dalam proses pembelajaran dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan kemampuan visual. Disamping itu, media visual menjadi alat belajar yang dapat mengembangkan imajinasi peserta didik dalam kegiatan belajar. Sehingga, penelitian ini menggambarkan pemanfaatan media visual sebagai media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan penguasaan mereka terhadap peristiwa yang tidak mungkin dihadirkan di dalam kelas.
Copyrights © 2023