Anak-anak melewati masa emas atau disebut juga dengan golden age, ketika mereka mulai peka terhadap berbagai rangsangan. Ini disebut sebagai tahun emas. Setiap anak mengalami periode sensitif yang unik, seperti halnya tingkat pertumbuhan dan perkembangan masing-masing. Fungsi fisik dan psikologis yang siap merespon rangsangan lingkungan telah mencapai kematangan pada masa sensitif. Selain itu, perkembangan kognitif, motorik, bahasa, sosial-emosional, agama, dan moral semuanya dimulai pada masa ini. Tujuan penelitian ialah untuk meningkatkan pengetahuan sains anak di SPS TP Kutilang yang diterapkan guru melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar Penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif serta dilakukan di SPS TP Kutilang Kelompok B Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi dengan subjek penelitian terdiri dari 19 anak bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pengetahuan anak didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan kemampuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, rata-rata persentasi kemampuan sains anak sebesar 31%. Untuk itu sebagai pendidik harus mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran dengan sebaik mungkin sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik juga menarik bagi peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023