Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakteristik kemampuan berpikir matematis siswa tingkat tinggi dalam pemecahan masalah segitiga segiempat ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis pemecahan masalah segitiga dan segiempat serta wawancara semi terstruktur. Subjek yang digunakan oleh peneliti yaitu pada kelas VII A dan VII B di SMP Muhammadiyah 1 Jember. Dari hasil penelitian bahwa kemampuan berpikir matematis siswa perempuan lebih baik dari pada kemampuan berpikir matematis siswa laki-laki. Siswa Perempuan cenderung mencapai skor lebih tinggi dalam tes matematika standar dibandingkan siswa laki-laki. Namun, perbedaan ini tidak berlaku untuk semua individu dan ada beberapa siswa laki-laki yang mencapai hasil yang sangat baik dalam matematika. Siswa Perempuan cenderung memiliki minat yang lebih tinggi terhadap matematika daripada siswa laki-laki. Selain itu, siswa laki-laki juga cenderung memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi dalam kemampuan matematika mereka. Hal ini dapat memengaruhi motivasi dan dedikasi siswa dalam mempelajari matematika.
Copyrights © 2023