Jurnal Titik Imaji
Vol 6, No 1 (2023): Jurnal Titik Imaji

Analisis Perubahan Sifat Karakter Berdasarkan Sequene Dalam Film Yuni

William Sanjaya (Universitas Bunda Mulia)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

Film “Yuni” (2021) merupakan film yang menceritakan tentang kisah seorang gadis remaja yang memiliki mimpi untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku perkuliahan. Film “Yuni” (2021) membahas tentang stereotype pernikahan remaja pada perempuan. Karakter Yuni dalam film “Yuni” (2021) memiliki latar belakang dan 3 dimensional karakter yang mengalami perubahan. Sedangkan tema film “Yuni” (2021) membicarakan tentang kebebasan wanita dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sifat karakter utama yang didasarkan pada penjabaran adegan, struktur 3 babak dan sequence dalam film “Yuni” (2021). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan berbagai teori sebagai bahan analisis secara akurat. Teori yang digunakan adalah teori struktur 3 babak yang dikemukakan oleh Syd Field. Sedangkan penjabaran teori pendekatan sequence didasarkan pada teori yang dijelaskan oleh Salman Aristo. Selanjutnya, penjabaran adegan dikaitkan dengan teori yang dijelaskan oleh Robert Mckee. Penjelasan perubahan karakter didasarkan dengan teori yang dikemukakan oleh Robert Mckee dan David Trottier. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa Yuni mengalami perubahan sifat, yaitu dari seorang remaja yang memiliki ketakutan dalam mengambil keputusan, menjadi karakter yang berani membela mimpinya sebagai wanita yang memiliki kebebasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

titik-imaji

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Titik Imaji merupakan jurnal ilmiah akademik yang diterbitkan oleh Progam Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi, Universitas Bunda Mulia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempelajari keilmuan desain komunikasi visual secara teoritis dan pragmatis dalam konteks ...