Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains
Vol. 7 No. 1 (2023): Vol VII. Edisi I

MODERASI BERAGAMA DALAM KAJIAN TAFSIR DAN HADIS

Azhar (Unknown)
junaidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Abstrak-Abstrak Di antara hal yang menjadi kajian penting bagi muslim di Indonesia saat ini yang dimotori oleh Kementerian Agama adalah moderasi beragama. Moderasi beragama yang digaungkan dianggap dan diharapkan sebagai solusi untuk menjaga keutuhan bangsa dalam kejemukan. Konflik beragama, sikap ekstrem dan intoleran merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan jika nilai-nilai moderasi beragama tidak ditegakkan secara kolektif. Alquran dan hadis merupakan 2 (dua) core yang sangat care dengan kemaslahatan sehingga diperlukan kajian moderasi ini dengan model tafsir maudhu’i dan hadis-hadis yang semakna. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Studi kepustakaan merupakan penelitian yang dilakukan dengan mempelajari secara komperehensif berbagai literatur yang relevan dengan tema penelitian yaitu moderasi beragama. Hasil penelitian ini adalah (a) moderasi beragama adalah toleransi dalam masalah akidah dan terbuka untuk masalah sosial dan kemanusiaan, (b) tidak ada penafsiran Alquran maupun pemahaman hadis yang mendorong untuk berbuat radikal dan intoleran, (c) contoh moderasi beragama dari rasul tampak dari penerapan piagam Madinah, dari pendahulu bangsa dari perubahan sila pertama Pancasila dari piagam Jakarta dan wali songo dari metode dakwah Islam kulturalnya dan (d) kajian konsep moderasi beragama menegaskan kemoderasian ajaran agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TBQ

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tarbiyah bil Qalam : Jurnal Pendidikan Agama dan Sains adalah Jurnal yang di kelolah oleh Sekolah TInggi Ilmu Tarbiah Al Bukhary Labuhanbatu menawarkan forum interdisipliner untuk publikasi artikel penelitian asli yang ditinjau oleh rekan sejawat, berkontribusi, dan diundang dengan kualitas terbaik ...