Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komunikasi guru matematika terhadap peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa. Diketahui jika literasi lingkungan yang rendah memiliki keberkaitan dengan kurang mampunya berprilaku dalam menjaga lingkungan. Pelajaran matematika sedikit relevan dikarenakan matematika masuk disetiap jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, lokasi Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. Sumber data primer pada penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan informan yang mengajar mata pelajaran matematika, sedangkan data sekunder penelitian didapatkan melalui dokumen dan foto. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Peningkatan literasi lingkungan di tingkat sekolah melalui komunikasi guru matematika meskipun tidaklah mudah, namun tetaplah harus terus dilakukan, sehingga perlu kerja sama dengan berbagai pihak untuk memahami sifat siswa yang berwawasan lingkungan agar tercipta siswa yang sadar lingkungan. Termasuk peran guru matematika saat memberikan materi haruslah menggunakan komunikasi yang mudah difahami oleh siswa. Kerjasama dimulai dari lingkungan sekolah itu sendiri, Komunikasi guru matematika memiliki peran yang vital, sebab hanya pada pembelajaran matematika sajalah para siswa diajarkan untuk berfikir rasional. Sedangkan permasalahan lingkungan sudah dapat terlihat secara kasat mata, yang berarti keseluruhan lingkungan dapat dipandang secara rasional dalam pemecahan masalahnya.
Copyrights © 2023