ELEMENTARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PBL PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR

HASNAH BAHARUDDIN (SD Negeri No. 2 Kampung Baru)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

This study aims to determine the Problem Based Learning (PBL) model can improve student learning outcomes of class V Kihajar Dewantara in the subject of Islamic Religious Education at SD Negeri No. 2 New Villages for the 2022/2023 academic year. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of four stages: planning, implementation/action, observation and reflection. The research method used is qualitative and quantitative, the subject of this research is students of class V Kihajar Dewantara SD Negeri No. 2 New Villages in the even semester of the 2022/2023 school year, with a total of 27 people. The instruments used in this study were tests and observations. In the first cycle of classical completeness 52% in the second cycle 100%. Based on the results of the study it was concluded that the Problem Based Learning (PBL) model in Islamic Religious Education lessons could improve student learning outcomes. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Kihajar Dewantara pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri No. 2 Kampung Baru tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah kwalitatif dan kwantitatif, subyek penelitaian ini adalah siswa kelas V Kihajar Dewantara SD Negeri No. 2 Kampung Baru semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Pada siklus I ketuntasan klasikal 52% pada siklus II 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...