Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 3 (2023): DIDAKTIKA Agustus 2023

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn pada Kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis 2022/2023

Weni Sarbaini (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Reh Bungana Br Perangin-Angin (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Sumarno (Universitas Negeri Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis validitas, keefektifan dan kepraktisan LKPD berbasis problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn pada kelas VII SMP IT Bina Insan Batang Kuis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluasi yang menghasilkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis problem based learning. Pengujian validitas LKPD dilakukan melalui validasi ahli materi, ahli bahasa, ahli desain pembelajaran, dan praktisi pendidikan. Pengujian keefektifan model pembelajaran dilakukan dengan pengujian statistik uji t selanjutnya pengujian kepraktisan dilakukan melalui pengamatan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, dan respon siswa. Temuan penelitian menunjukkan: (1) LKPD berbasis problem based learning dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan di SMP IT Bina Insan Batang Kuis terbukti valid dengan penilaian ahli materi dengan presentase sebesar 90,75% berada pada kategori sangat valid. Ahli bahasa dengan presentase sebesar 92,50% berada pada kategori sangat valid. Ahli desain pembelajaran dengan presentase sebesar 95,50% dengan kategori sangat valid dan telah divalidasi oleh orang praktisi pendidikan dengan presentase sebesar 93,00 sangat valid. (2) LKPD berbasis problem based learning yang dikembangkan terbukti efektif untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn siswa, hal ini terlihat dari hasil pengujian statistik di mana diketahui harga thitung (20,65) > ttabel (1,71). Selanjutnya diperoleh koefisien N-Gain adalah 0,65 kategori tingkat keefektifan sedang, (3) LKPD berbasis problem based learning terbukti praktis untuk meningkatkan capaian hasil belajar PPKn siswa, hal ini dari respon siswa yang menunjukkan skor 82,43% kategori respon positif selanjutnya tingkat kepraktisan juga dlihat dari aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menunjukkan terjadi peningkatan persentase keaktifan siswa dari pengamatan pertama ke pengamatan kedua pada setiap aspek yang diamati.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...