Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 2 No 2 (2023): Juli 2023

PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP VIDEO PEMBELAJARAN “MATCH MAGIC TRIK BILANGAN PECAHAN”

Mufida Mufida (Universitas Trunojoyo Madura)
Dya Qurrata A’yun (Universitas Trunojoyo Madura)
Abdul Razzaq (STKIP Darud Da’wah Wal Irsyad Pinrang)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru sekolah dasar terhadap video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan meliputi angket dan lembar wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru sekolah dasar yang telah menonton video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan. Berdasarkan hasil pengisian angket dan wawancara dapat diketahui bahwa video pembelajaran match magic trik bilangan pecahan merupakan salah satu dari inovasi media pembelajaran era digital yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Video pembelajaran tersebut mudah diakses kapanpun dan dimanapun karena disajikan melalui link youtube. Penyampaian materi dalam video pembelajaran yang berupa trik cepat dalam mengerjakan operasi hitung bilangan pecahan dirasa mudah dipahami dan lebih efektif dibandingkan cara penyelesaian operasi hitung bilangan pecahan pada umumnya. Di samping kelebihannya, terdapat pula kekurangan pada video pembelajaran tersebut yakni tidak disertai soal latihan di akhir video, trik cepat hanya dicontohkan pada angka satuan, kemudian karena video disajikan dalam bentuk link youtube maka aksesnya bergantung pada koneksi internet, jika tidak mempunyai kuota internet maka video tidak dapat diakses.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...