JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Vol 11 No 3 (2023): September

Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Layanan Pada Food Court Opa Kumis Menggunakan Metode Importance Performance Analysis

Jeckson Pardomuan Marpaung (Unknown)
Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha (Unknown)
I Ketut Satriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

The purpose of thisstudy were to determine (i) the attributesthat are considered important by consumersin order to achieve customer satisfaction, (ii) the level of customer satisfaction on products and servicesquality, and (iii) the attributes that need to be improved to provide a better customer satisfaction.Research was conducted at the Opa Kumis Jimbaran Food Court. Data was obtained throughquestionnaires that filled in by 100 respondents. This study used the Importance Performance Analysis(IPA). The results showed that the attribute that had the highest level of product satisfaction was theprice (100.47%) while the lowest was other product offerings (88.16%). The attribute that has thehighest level of service satisfaction was a comfortable interior design and a safe parking space(100.23%) while the lowest was the waiter's understanding of consumer requests (85.14%). Attributesthat need to be improved in terms of products are the menu prices offered are affordable, the food pricesare in accordance with the portions, the decorations on the dishes provided are attractive, thesambal/sauce and soy sauce are always available, and the food menu offered is always available.Meanwhile, in terms of service, the waiters look neat, the interior and exterior designs arecomfortableand safe, the alertness of the waiters to clean the finished consumer tables. Keywords : Customer satisfaction, Importance Performance Analysis, product quality, service quality Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) atribut-atribut yang dianggap penting olehkonsumen dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan, (ii) tingkat kepuasan terhadap kualitas produkdan pelayanan, dan (iii ) atribut yang perlu ditingkatkan untuk memberikan kepuasan pelanggan.Penelitian dilakukan di Food Court Opa Kumis Jimbaran. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisioleh 100 responden. Penelitian menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasilmenunjukkan bahwa atribut yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi terhadap produk adalah hargamakanan (100,47%) sedangkan yang terendah adalah penawaran produk lain (88,16%). Atribut yangmemiliki tingkat kepuasan pelayanan tertinggi adalah desain interior yang nyaman dan tempat parkiryang aman (100,23%) sedangkan terendah adalah pemahaman pelayan terhadap keinginan konsumen(85,14%). Adapun atribut yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan dari segi produk adalah harga menuyang ditawarkan terjangkau, harga makanan sesuai dengan porsi, hiasan pada hidangan yang diberikanmenarik, sambal/saos dan kecap selalu tersedia, dan menu makanan yang ditawarkan selalu tersedia.Sedangkan dari segi pelayanan ialah pelayan berpenampilan rapi, desain interior dan eksterior yangnyaman dan aman, kesigapan pelayan membersihkan meja konsumen yang telah selesai Kata kunci : Kepuasan pelanggan, Importance Performance Analysis, kualitas produk, kualitaspelayana

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI adalah media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian-Universitas Udayana, berisikan artikel hasil-hasil penelitian, ulasan (review), opini ilmiah oleh mahasiswa, dosen, praktisi, dan ...