Holistik Jurnal Kesehatan
Vol 17, No 5 (2023)

Analisis distres psikologis mahasiswa keperawatan pada era pandemi Covid-19

Priscillia Merylin Saluy (Fakultas Keperawatan, Universitas Klabat)
Ferdy Lainsamputty (Fakultas Keperawatan, Universitas Klabat)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Background: Psychologicalproblemsuch as stress is prevalent among student, especially those in nursing major who had a high contact intensity with patients.This can be worsen due to Covid-19 pandemic which may triggered fear of infected diseases.Purpose: To identify the relationships of sociodemographic factors, Covid-19 related data, and stress among professional nursing student during pandemic.Method: The study used a descriptive correlation and cross-sectional design involving 105 samples selected using purposive sampling technique. The main instrument was the Depression Anxiety Stress Scale-42 (DASS-42), specifically for stress domain. Independent T-Test, One-Way ANOVA, and Pearson Correlation were utilized to test the relationship between study variables.Results: The was a significant difference regarding stress score based on semester (t=1,02;p=0,02). Age was correlated significantly with stress score (r=-0,20; p=0,03).Conclusion: Respondents with younger age and study in the second semestersuffered a more severe level of stress.Keywords: Covid-19; Nursing Student; Psychological DistressPendahuluan: Masalah psikologis seperti stres sering ditemukan pada mahasiswa, terutama mahasiswa keperawatan yang memiliki intensitas kontak yang tinggi dengan pasien. Hal ini diperparah dengan keadaan pandemi Covid-19 yang menimbulkan ketakutan akan terinfeksi penyakit.Tujuan: Untuk mengidentifikasi hubungan antara faktor sosiodemografi, data terkait Covid-19, dan stres pada mahasiswa profesi ners di masa pandemi.Metode: Penelitian ini berdesain deskriptif korelasi dan cross-sectional yang melibatkan 105 sampel yang diseleksimenggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner utama yang digunakan yaitu Depression Anxiety Stress Scale-42 (DASS-42), khususnyauntuk domain stres. Uji T tidak berpasangan, ANOVA satu arah, dan Korelasi Pearson digunakan dalam menguji hubungan antar variabel penelitian.Hasil: Ada perbedaan skor stres yang signifikan berdasarkan semester (t=1,02;p=0,02). Umur berkorelasi negatif dan signifikan dengan skor stres (r=-0,20; p=0,03).Simpulan: Responden yang berusia lebih muda dan berada di semester kedua menderita stres yang lebih parah. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

holistik

Publisher

Subject

Nursing

Description

Berisi kumpulan karya ilmiah dari peneliti diberbagai perguruan tinggi di Indonesia, di bidang ilmu kesehatan khususnya bidang ilmu keperawatan yang berdasarkan kepada kebutuhan pasien secara total meliputi: kebutuhan fisik, emosi, sosial, ekonomi dan spiritual. Adapun penelitiannya mencakup 4 aspek ...