JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Vol 8, No 2 (2023): Volume 8 Number 2, May 2023

PENGARUH BURNOUT AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Slamat Fitriyadi (STKIP Singkawang)
Kamaruddin kamaruddin (STKIP Singkawang)
Insan Suwanto (STKIP Singkawang)
Sanu Sanu (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh burnout akademik terhadap hasil belajar siswa yang berada di SMA Negeri 2 Selakau khususnya kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian Jenis kuantitatif dengan model desain One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, sedangkan untuk menentukan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yang berjumlah 30 siswa Teknik dan instrument pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan panduan angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Data penelitian ini adalah hasil skor angket burnout akademik dan nilai hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis regresi linier sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi R Square adalah sebesar 0,05. nilai f hitung adalah sebesar 1,488 dengan taraf tingkat signifikan 0,233 > 0,05. serta Koefisien regresi X (Burnout akademik) sebesar -0,223. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh variabel X (burnout akademik) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa) sangat kecil dilihat dari koefisien determinasi R Square yaitu sebesar 0,05 atau 5%. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y tidak signifikan dilihat dari taraf signifikansi yaitu 0,233 yang lebih besar dari 0,05. Serta arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y ke arah negatif dilihat dari koefisisen regresi yaitu sebesar -0,233. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terdapat pengaruh burnout akademik terhadap hasil belajar siswa berpengaruh sangat kecil yaitu hanya sekitar 5%, sedangkan 95% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh factor atau variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBKI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the ...