COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 03 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural

A. Octamaya Tenri Awaru (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Dalam masyarakat yang semakin multikultural, peran guru dan orang tua sangat penting dalam menanamkan pemahaman dan nilai-nilai multikultural pada anak. Sebagai pendidik lingkungan sekolah, guru bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mengenalkan siswa pada budaya yang berbeda dan mendorong diskusi terbuka tentang perbedaan budaya. Anda juga dapat menggunakan sumber daya multikultural untuk memperluas perspektif siswa tentang keanekaragaman budaya. Di sisi lain, sebagai kepala keluarga, orang tua memiliki tanggung jawab tersendiri untuk menghormati dan menghargai keragaman budaya dalam keluarganya sendiri. Dengan mengajak anak berinteraksi dengan budaya lain dan berkomunikasi secara terbuka tentang keberagaman, orang tua dapat mengajarkan anaknya untuk menghargai perbedaan dan menerima budaya lain dengan sikap terbuka. Kerja sama antara guru dan orang tua dalam mengajarkan multikulturalisme kepada anak memastikan pengalaman yang konsisten dan lebih kuat, membantu anak memahami keanekaragaman budaya, memperluas pengetahuan mereka tentang dunia dan mengembangkan sikap inklusi dan saling menghormati. Guru dan orang tua berperan dalam mendidik generasi yang dapat hidup dalam masyarakat multikultural yang harmonis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

comserva

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal ...