Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penggunaan kesalahan berbahasa referensi pada Bahasa iklan yang terdapat dalam kajian wacana. Pada penelitian ini, peneliti lebih terfokus pada kesalahan berbahasa yang digunakan dalam referensi Bahasa iklan yang terdapat dalam kajian wacana yang perlu diteliti agar dapat memperbaiki kesalahan berbahasa yang digunakan dalam Bahasa iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa referensi pada bahasan iklan dalam kajian wacana. Sumber penelitian ini adalah kesalahan berbahasa referensi yang terdapat dalam iklan yang disajikan peneliti dalam bentuk gambar atau tampilan iklan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknis analisis data yang terdapat pada Bahasa iklan yang digunakan. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik membaca dan menyimak serta menganalisis data yang diperoleh dalam Bahasa iklan. Temuan hasil penelitian dalam kesalahan berbahasa referensi pada Bahasa iklan lebih memfokuskan pada Bahasa iklan yang digunakan dan dikaji dengan menggunakan analisis kesalahan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Adapun hasil data yang ditemukan dalam penelitian ini ada 10 iklan yang digunakan sebagai sampel dan referensi untuk dikaji dalam kesalahan berbahasa pada iklan. Hasil data yang diperoleh terdapat banyak kesalahan berbahasa yang digunakan dalam Bahasa iklan sehingga dapat menurunkan tingkat kualitas dalam analisis berbahasa Indonesia yang baik dan benar.
Copyrights © 2023