Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 1 No. 9: Mei 2022

ANALISIS KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK BERBANTUAN VIDEO CHEMSONG

Indang Retno Fourniyati (SMK N 8 Semarang)
Ariyatun (SMA N 1 Weleri Kendal)



Article Info

Publish Date
26 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas siswa melalui pembelajaran kimia berbasis proyek berbantuan video Chemsong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah siswa yang berpartisipasi berjumlah 72 orang dari kelas X MM SMK N 8 Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas siswa pada pembelajaran kimia system periodic unsur dan struktur atom. Terdapat empat aspek kreativitas yang diteliti, yaitu aspek sikap, proses berpikir, tindakan dan produk dengan perolehan rerata skor masing-masing sebesar 60,15 (cukup baik); 69,79 (cukup baik); 72,4 (baik) dan 78,37 (baik). Hasil pencapaian rata-rata kreativitas siswa secara keseluruhan adalah 70,17 dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kimia berbasis proyek berbantuan video Chemsong mampu mengembangkan kreativitas siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...