Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) strategi pengembangan maharah al-kalam siswa dalam mata pelajaran Muhadatsah di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo, (2) permasalahan yang menjadi penghambat strategi pengembangan maharah al-kalam siswa dalam mata pelajaran Muhadatsah, (3) solusi mengatasi masalah dalam strategi pengembangan maharah al-kalam siswa dalam mata pelajaran Muhadatsah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Strategi pengembangan maharah al-kalam siswa dalam mata pelajaran Muhadatsah di Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo ditempuh dengan delapan strategi dan latihan. Sumber data penelitian adalah guru, santri, kepala madrasah, dan pimpinan pondok pesantren. namun sangat sedikit siswa yang mampu berbicara bahasa Arab dan sedikit menguasai maharah al-kalam setelah mengikuti pembelajaran Muhadatsah. Persoalan yang ditemui sangatlah beragam antara lain: (1) kekurangan tenaga pengajar Muhadatsah yang diatasi dengan penambahan tenaga pengajar, (2) kurangnya penggunaan bahasa Arab dikalangan tenaga pengajar diatasi dengan dibuatkan peraturan dan instruksi tertulis kepada seluruh tenaga pengajar dan staf untuk menggunakan bahasa Arab selama berada di lingkungan madrasah, (3) mewajibkan siswa untuk menggunakan bahasa Arab di semua tempat dan pemberian sanksi untuk siswa yang tidak menggunakan bahasa Arab, (4) merealisasikan wacana program “Pemberantasan buta Bahasa Arab†dan menyediakan asrama untuk siswa yang tinggal di luar madrasah (5) membuat terobosan-terobosan tentang program pengembangan kebahasaan dengan melibatkan peran orang tua siswa.The purpose of this research is to describe (1) the development strategies of maharah al-kalam (students’ speaking skill) in Muhadatsah course at Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo, (2) problems in the development strategy of maharah al-kalam (students’speaking skill) in Muhadatsah course, (3) the solutions to overcome problems in the strategy of developing maharah al-kalam (students’speaking skill) in Muhadatsah. This is a descriptive qualitative research using an educative approach. The data collection method were observation and interview. Strategy in developing maharah al-kalam (students’ speaking skill) in Madrasah Aliyah Alkhairaat, Gorontalo included eight strategies and exercises. The data sources were from the teacher, students, the principal and the leader of Islamic Boarding School. But, just a few students are able to speak arabic language and mastering مهارةالكلام (speaking skill) after they have class of Ø§Ù„Ù…ØØ§Ø¯Ø«Ø© (conversation). Some problems are found variously, such as: (1) less of teacher of Ø§Ù„Ù…ØØ§Ø¯Ø«Ø© (conversation) and it can be solved by adding some more professional teachers. (2) less of using arabic language in the teachers’ daily life that can be solved by making some written rules and instruction for all of the teachers and staff to speak arabic language in the school. (3) Obligating the students to speak arabic language wherever they are and give punishment to whom did not do it. (4) Realizing the program “Pemberantasan Buta Bahasa Arab†and provide dormitory for the students who live outside the school. And (5) making an innovative way about language development program by involving the students’ parents.
Copyrights © 2020