Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2023): September 2023

Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Cognitive Load Theory

Bella Haryati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yuyu Yuhana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yani Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar e-learning yang berupa e-modul berbasis cognitive load theory (CLT) yang memenuhi kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D, dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket validasi dan lembar angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis dengan menggunakan skala likert. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba produk skala kecil dna uji coba skala besar. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa (1) berdasarkan uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi, bahan ajar e-modul berbasis cognitive load theory dinyatakan valid dengan persentase sebesar 76% dan 64%. (2) Berdasarkan hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase sebesar 90,74% dan hasil uji coba skala besar diperoleh persentase sebesar 86,07%, yang berarti e-modul yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar e-learning yang berupa e-modul berbasis cognitive load theory (CLT) dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...