Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII SMP pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuantitatif yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan masing-masing peserta didik sebanyak 30 orang di SMPN 3 Kota Cilegon. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes yakni post-test. Hasil post-test selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji statistik yang digunakan yakni wilcoxon rank sum test. Hasil yang diperoleh yakni rata-rata capaian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata capaian belajar kelas kontrol. Kemudian uji statistik wilcoxon rank sum test menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki capaian belajar yang berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh  positif dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII SMP pada materi penyajian data.
Copyrights © 2023