Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 3 (2023): September 2023

Pengaruh Project-Based Learning Di Kelas VII SMP Pada Materi Penyajian Data dengan Proyek Buket Makanan

Nissa Nivia (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII  SMP pada materi penyajian data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuantitatif yang digunakan adalah Post-test Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dengan masing-masing peserta didik sebanyak 30 orang di SMPN 3 Kota Cilegon. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes yakni post-test. Hasil post-test selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji statistik yang digunakan yakni wilcoxon rank sum test. Hasil yang diperoleh yakni rata-rata capaian belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata capaian belajar kelas kontrol. Kemudian uji statistik wilcoxon rank sum test menunjukkan bahwa kedua sampel memiliki capaian belajar yang berbeda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh   positif dari project-based learning terhadap capaian belajar matematika peserta didik kelas VII  SMP pada materi penyajian data.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...