Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika (KPKM). Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 20 Tangerang tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan rancangan treatment by level 2 x 2. Sampel yang digunakan sebanyak 120 siswa yang terdiri dari 60 siswa perempuan dan 60 siswa laki-laki yang masing-masing dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kecemasan rendah dan kelompok kecemasan tinggi. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh kecemasan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika 2) Terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, dimana rata-rata skor siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki 3) Terdapat pengaruh interaksi antara kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023