JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING, BUILDING AND TRANSPORTATION
Vol. 8 No. 2 (2024): JCEBT SEPTEMBER

Dampak Finansial Akibat Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Kontruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Ananda Agneshia Putri (Unknown)
Iris Mahani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terjadi keterlambatan proyek yang mengakibatkan kenaikan biaya investasi dari perkiraan semula Rp 85 triliun (USD 5,66 miliar) akan menjadi sekitar Rp 117 triliun (USD 7,46 miliar) pada tahun 2023. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis terhadap kelayakan finansial dari sebelum dan sesudah terjadinya kenaikan biaya investasi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung serta bagaimana evaluasi finansial proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung agar layak secara finansial. Penelitian ini menggunakan parameter NPV dan IRR dengan 5 skenario dimana skenario 1 menggunakan data biaya investasi, biaya operasional dan maintenance, jumlah penumpang dan biaya tarif berdasarkan FS, sedangkan untuk skenario 2,3,4 dan 5 menggunakan data biaya investasi, biaya operasional dan maintenance, biaya tarif, berdasarkan kondisi eksisting sekarang, dimana jumlah penumpang menggunakan 3 skenario optimis, moderate, pesimis, dan analisis senstivitas. Adapun berdasarkan hasil yang diperoleh terhadap parameter-parameter kelayakan yang dipakai menunjukkan pada analisis finansial berdasarkan FS KCIC sebelum adanya keterlambatan proyek dan terjadi kenaikan biaya investasi nilai IRR sebesar 13.27% > MARR yang digunakan oleh KCIC sebesar 12.89%. nilai NPV bernilai positif sebesar Rp1,021,139 (miliar). Sedangkan dalam perjalanan proyek terjadi keterlambatan proyek yang berakibat kenaikan biaya sehingga nilai IRR menjadi 11.13% < MARR dan NPV menjadi -Rp5,041,876 (miliar). Berdasarkan hasil nilai analisis sensitivitas kelayakan finansial, Hasil simulasi menunjukkan bahwa untuk menjadi layak finansial maka jumlah penumpang harus meningkat minimal 25% per tahun dengan skenario optimis. Untuk skenario moderate dan pesimis belum menjadi layak finansial meskipun jumlah penumpang meningkat sampai dengan 30% per tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcebt

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal JCEBT Program Studi Teknik Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala setiap 6 bulan, yaitu Maret dan September. Jurnal JCEBT Program Studi Teknik Sipil diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 2017 dengan membawa misi sebagai salah satu pelopor dalam penerbitan media ...