NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 8 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

STRATEGI PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING OLEH KOMIKA DALAM KOMUNITAS STAND UP INDO SURABAYA

Firman Ardiansyah (Universitas Pembangunan Negara “Veteran” Jawa Timur)
Ahmad Zamzamy (Universitas Pembangunan Negara “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2023

Abstract

Stand up Comedy adalah bentuk seni pertunjukkan individu yang tampil di atas panggung dan dengan gaya humor bercerita tentang berbagai topik. Dalam beberapa profesi, Personal branding yang kuat menjadi hal penting sebagai cara untuk membedakan diri dari para pesaing. Adanya perbedaan dalam karakter atau persona yang ditampilkan oleh komika menjadi alasan bagi para peneliti untuk mengetahui strategi pembentukan Personal branding pada komika dalam Komunitas Stand up Comedy Surabaya. Peneliti menggunakan teori pembentukan Personal branding Peter Montoya melalui 8 tahapan, yaitu: spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam kepada 6 informan penelitian berupa komika Komunitas Stand up Comedy Surabaya. Peneliti menemukan adanya perbedaan strategi Personal branding antara komika senior dan junior dalam menampilkan ciri khas sebagai komika. Komika junior menghadapi kendala dalam hal konsistensi yang mengakibatkan aspek “terlihat” dalam teori Personal branding Peter Montoya tidak terpenuhi dengan baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...