JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAMMU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SATUAN WAKTU KELAS III MINU WARU I SIDOARJO

Maulidah, Salsabillah (Unknown)
Ari Sandy, Deviana Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran Matematika merupakan salah satu pembelajaran yang dianggap sulit oleh sebagaian besar siswa, sehingga perlu adanya inovasi dan kreativitas guru dalam proses pembelajaran agar materi yang diajarkan dapat tersampaian dengan baik terhadap siswa. Dalam hal ini penggunaan media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Maka dari itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran Jammu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain pengembangan media pembelajaran Jammu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika materi satuan waktu, untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan efektivitas pengembangan media pembelajaran Jammu dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran Matematika materi satuan waktu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model 4D. Subjek pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas III A MINU Waru 1 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas. Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan peserta didik, karakteristik peserta didik, karakteristik materi dan telah mendapatkan validasi dari ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat layak; 2) Uji efektivitas dilaksanakan melalui Uji Wilcoxon dengan nilai Asymp sig(2-tailed) 0,001 dengan kenaikan nilai rata-rata pre-test dari 63 menjadi 80 pada post-test dan hasil rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 92,9 dengan kategori “Sangat tinggi”. Berdasarkan hasil kedua uji tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Jammu efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...