Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar pada kelas tinggiSD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Permasalahan ini muncul karna sebagian hasil belajar siswa yang belum mencapai KD, siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas, pembelajaran didominasi dengan pendidik melalui berceramah, siswa tidak percaya dengan kemampuan sendiri, media pembelajar belum menarik perhatian siswa, rendahnya motivasi dam pembelajaran berlangsung mengakibatkan hasil belajar siswa tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas Tinggi SDN 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.Jenis penelitin ini adalah analisis korelasional. Pada penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas IV, V, dan VI dengan jumlah siswa 37 orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup untuk mengukur variabel motivasi belajar siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas Tinggi SDN 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.Hal ini ditandai dengan hasil statistik rxy sebesar 0,347ditingkat hubungan cukup kuat dengan uji-t diperoleh thitung = 2,048, dan ttabel 1,698 = t=hitung >t- tabel pada taraf nyata 0.05. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat pengaruh motivasi bealajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman sebesar 10, 9 % sedangkan 87,09 % dipengaruhi faktor lain. Dengan demikian dpat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 05 VII Koto Sungai Sarik.
Copyrights © 2023