Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman yang rendah dan dibawah KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling yang berjumlah 50 orang siswa.Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis seperti uji normalitas, uji homogenistas, uji hipotesis dan uji F. Berdasarkan hasil statistik diperoleh (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, uji-t pada taraf signifikan 0,05 t hitung > t tabel atau 8,51 > 1,67, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman. (2) Selanjutnya, hasil statistik disiplin belajar terhadap hasil belajar, ternyata pada taraf signifikan 0,05 t hitung > t tabel atau 9,72 > 1,67, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) kemudian, hasil statistik untuk motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada taraf signifikan 0,05 ternyata F hitung > F tabel yaitu 75,88 > 3,20. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman.
Copyrights © 2023