Salah satu syarat kelulusan mahasiswa program Doktor (S3) yaitu mempublikasikan naskah hasil disertasi pada jurnal internasional bereputasi. Tujuan kegiatan ini yaitu mendampingi mahasiswa program doktor Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk dapat membuat manuskrip jurnal internasional bereputasi. Metode yang dilakukan dengan cara: Peserta diminta mengirim draf manuskrip, tim mereview manuskrip yang masuk, mengembalikan hasil review, melakukan diskusi dengan peserta lewat daring (ZOOM meeting). Peserta merevisi lagi naskahnya, mengirimkan kembali naskah yang sudah direvisi, peserta mentranslate, cek Turnitin dan proofread. Peserta mengecek kembali manuskrip sebelum dikirim ke jurnal yang dituju. Peserta yang mendaftar awalnya 56 orang, di akhir kegiatan terdapat empat belas manuskrip yang siap disubmid. Peserta memiliki respon positif terhadap penyampaian materi pada pelatihan dengan skor rata-rata sebesar 86, 82%. Hasil tersebut mengandung arti bahwa pemahaman peserta terhadap penulisan artikel ilmiah sangat baik. Pendampingan manuskrip untuk mahasiswa S3 sangat diperlukan dan bermanfaat untuk membantu mahasiswa menyiapkan manuskrip jurnal internasional bereputasi. One of the graduation requirements for Doctoral (S3) students is to publish an article in a reputable international journal. The purpose of this activity is to assist UNNES Postgraduate school students to be able to make manuscripts of reputable international journals. The method is carried out: the participants were asked to send draft manuscripts, the team reviews incoming manuscripts, returns the results of the review, conducts discussions with participants online (ZOOM meeting). The participants revise their manuscripts, sends back the submitted manuscripts has been revised, participants translate, check Turnitin and proofread. Participants checked the manuscript again before sending it to the intended journal. Participants who initially registered were 56 people, at the end of the activity there were fourteen manuscripts ready to be submitted. Participants had a positive response to the delivery of material at the training with an average percentage score of 86.82%. These results indicate that the participants' understanding of writing scientific articles is very good. Manuscript assistance for PhD students is very necessary and useful to help students prepare manuscripts for reputable international journals.
Copyrights © 2023