Kurangnya motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikan dikarenakan beberapa faktor. Tujuan penelitian menganalisa faktor yang mempengaruhi motivasi perawat untuk melanjutkan pendidikan di masa pandemi COVID-19 Metode deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Responden perawat lulusan FKIK yang bekerja di Indonesia jumlah 103 perawat. Teknik pengambilan sampel voluntary sampling. Analisa data dengan uji Pearson Chi square, nilai alpha 0,05, dan CI 95 % melalui program SPSS ver.9. Hasil penelitian, rerata usia dewasa awal (62,1%), perempuan (67%), dan pendidikan akhir Diploma III (80,6%), dengan motivasi tinggi (76,7%) untuk melanjutkan pendidikan (n=103). Ada hubungan yang bermakna antara faktor internal dengan motivasi perawat melanjutkan pendidikan, nilai p value <0,05 (α 0,05). Hasil analisis dukungan atasan, penghargaan, dan persaingan didapatkan ada hubungan yang bermakna dengan motivasi, nilai p value <0,05 (α 0,05), sedangkan dukungan keluarga dan status ekonomi tidak ada hubungan terhadap motivasi perawat, dengan nilai p value > 0,05 (α 0,05).
Copyrights © 2023