Untuk memastikan bahwa tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dapat dilaksanakan secara efisien, maka setiap kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial serta kemampuan untuk mengawasi siswa. Dilapangan, manajemen kepala sekolah dan konseling bimbingan supervisi telah berjalan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah, tetapi kinerja guru pembimbing masih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada kemampuan manajer kepala sekolah, supervisi bimbingan konseling dengan kinerja guru BK SMP Negeri se- Kabupaten Rejang Lebong..Korelacional Research menjadi topik penelitian ini. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah 50 orang guru BK SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan angket tentang kemampuan administrasi kepala sekolah, serta pengawasan bimbingan konseling dan guru pembimbing kinerja. Selain itu, analisis data menggunakan analisis korelasi yang dalam dan luas.Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan guru pembimbing (r = 0,678, p = 0,000 0,050), dan antara supervisi bimbingan konseling dengan guru pembimbing (r = 0,701, p = 0,000 0,050). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Guru Pembimbing dapat meningkatkan kinerjanya, dan Kepala SMP Negeri di Kabupaten Rejang Lebong dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan pelaksanaan supervisi bimbingan kepada siswanya. Karena semakin baik kinerja yang ditunjukkan oleh guru pembimbing, semakin baik bimbingan dan konseling manajerial dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Copyrights © 2023