JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023

TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SULAWESI SELATAN

Hadisaputra Hadisaputra (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Eka Damayanti (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Andi Asywid Nur (Universitas Negeri Makassar)
Febri Yanti Irawan (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Satma Utami Sangla (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan melacak tantangan pembelajaran daring di Sulawesi Selatan selama masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada empat sekolah di Sulawesi Selatan, yang merepresentasikan sekolah umum maupun agama, dan lokasi geografis kota-desa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Temuan penelitian ini menemukan dan menganalisis tiga tantangan pembelajaran daring pada masa pandemi, yakni tantangan dari aspek ketersediaan infrastruktur teknologi, kemampuan mengoperasikan teknologi, serta tantangan dari aspek budaya dan etika dalam proses pembelajaran berbasis teknologi. Kemampuan sekolah menjawab ketiga tantangan tersebut, bakal menjadi modalitas bagi sekolah dalam mengakselerasi adaptasi digital pasca Pandemi Covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...