Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan validitas atau kelayakan perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan; (2) Mendeskripsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intellectually Repetation dengan Strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan. Luaran dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan serta untuk mengetahui bagaimana perolehan hasil belajar peserta didik. Kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yakni Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan dinyatakan layak oleh para validator dapat digunakan di sekolah sekolah tingkat SMP. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development dengan model pengembangan four-D. Lokasi penelitian ini adalah di SMPN 5 Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini berfokus pada melihat validitas perangkat pembelajaran yang menerapkan model Auditory Intelectually Repetition dengan strategi Active Knowledge Sharing materi Zat Aditif Makanan dan melihat perolehan hasil belajar peserta didik siswa SMPN 5 Kupang Tengah. Variabel penelitian ini meliputi validitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah Perangkat yang dikembangkan tergolong kategori layak; dan hasil belajar siswa tergolong dalam kategori baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023